Mengenal Istilah Telemarketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Telemarketing adalah metode pemasaran langsung dimana tenaga penjual berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui telepon untuk memperkenalkan produk atau layanan, menjawab pertanyaan, serta mempengaruhi calon pelannggan untuk membeli atau ikut mempromosikan produk. Selain berfokus pada penjualan langsung, telemarketing juga digunakan untuk meningkatkan brand awareness, mengumpulkan feedback pelanggan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang ada.

Jenis-jenis telemarketing

Telemarketing memiliki beberapa jenis yang berbeda, masing-masing dengan pendekatan dan tujuan yang berbeda, antara lain:

  1. Outbound Telemarketing

Outbound telemarketing adalah panggilan keluar yang dilakukan oleh agent kepada calon pelanggan yang bertujuan untuk menjual produk atau layanan, memberikan penawaran baru, atau melakukan follow up. 

  1. Inbound Telemarketing

Inbound telemarketing adalah ketika pelanggan menghubungi perusahaan setelah tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkann melalui media promosi seperti iklan, sistus web, katalog, dan media social.

  1. Sales Telemarketing

Ini berfokus pada penjualan langsung, agent telemarketing menghubungi pelanggan potensial untuk menawarkan produk atau layanan dan berusaha untuk menutup penjualan diakhir panggilan. Misalnya agent menawarkan promosi khusus kepada calon pelanggan untuk mencoba mendapatkan pembelian.

  1. Retention Telemarketing

Berfungsi untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Panggilan dilakukan untuk memberikan penawaran khusus, mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan pelanggan meninggalkan layanan, atau memperbaharui langganan mereka. Misalnya dengan menghubungi pelanggan yang masa berlangganannya akan segera habis dan akan menawarkkan diskon untuk perpanjangan.

Manfaat telemarketing bagi Bisnis

  1. Meningkatkan Penjualan

Telemarketing membantu perusahaan melakukan penjualan langsung kepada calon pelanggan. Dengan pendekatan personal, agen telemarketing dapat menjelaskan produk dan layanan secara rinci, menjawab pertanyaan, dan mengatasi keberatan, yang dapat meningkatkan peluang penutupan penjualan

  1. Membantu market research

Telemarketing dapat membantu riset pasar dan mengetahui masalah yang calon pembeli hadapi, sehingga dapat merancang strategi bagaimana cara mengkomunikasikan ke pelanggan. Tak hanya itu, dengan telemarketing kita dapat mengidentifikasikan target yang tepat. 

  1. Mengumpulkan informasi pelanggan

Melalui telemarketing, perusahaan dapat mengumpulkan informasi yang berharga tentang pelanggan potensial. Selama panggilan, agent penjualan dapat mencatat data, preferensi, dan kebutuhan pelanggan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, menyusun penawaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta membangun basis data pelanggan yang berguna untuk kegiatan pemasaran masa depan 

PT Jaring Synergi Mandiri siap membantu perusahaan anda menyediakan layanan telemarketing dengan agent-agent terbaik yang dapat memaksimalkan penjualan perusahaan anda. PT Jaring Synergi Mandiri juga dapat menyediakan aplikasi Omnichannel dengan nama Synergix yang dilengkapi dengan beragam media yang dapat membantu kinerja agent telemarketing anda.

Mari bermitra dengan PT Jaring Synergi Mandiri, hubungi kami melalui whatsapp 083825541617 dan kunjungi website kami di www.jsm.co.id

Share:

Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Twitter

More Articles